Free tutorials and consultations MENDELEY, SPSS, EXPERT CHOICE, SUPER DECISION, etc. Every Friday at 10:00 am on the 3rd Floor of Campus A STEI Indonesia. Please call the cellphone number or WA 081210106680.

20130922

Kuliah Praktik "Komunikasi & Negosiasi Bisnis" Untuk Si Sulung Zufar

Sabtu kemarin, 21 September 2013 saya memberi "kuliah praktik" kepada anak sulung saya yang masih SMP tentang bisnis. Materinya adalah komunikasi bisnis dan negosiasi. Praktik yang dilakukan adalah menjual kertas yang selama ini dia kumpulkan untuk dijual ke pengepul kertas bekas yang ada di Gading Raya. Zufar saya minta untuk belajar menawarkan kertas bekasnya kepada pengepul, menanyakan harga dan bagaimana model transaksinya, lalu menawar harga yang diberikan supaya dapat lebih tinggi (tapi ternyata harganya sudah standar, sehingga dia hanya memastikan berat
kilogram kertasnya sesuai timbangan). Hasilnya lumayan katanya untuk ditabung. Ini kali kedua setelah sebelumnya dia mencoba menjual besi bekas pagar yang direnovasi ke pengepul besi bekas. Saya katakan ke Zufar kalau dalam komunikasi bisnis yang penting adalah memiliki informasi pembeli atau koneksi dan juga  jelas dan jujur tentang semua produk yang dijualnya. Kuliah praktik seperti ini tidak diajarkan di sekolah-sekolah bisnis tapi bermanfaat besar dalam membentuk “sense of business” seseorang. Semoga bermanfaat untuk Zufar yang bercita-cita jadi pebisnis, mulai dari yang kecil. Sukses.