Tips & Trik By Dina Amalia - Blog Jejualan.com. Instagram kini telah
meluncurkan game-changer untuk bisnis yaitu Anda sekarang dapat menjual produk
langsung dari app. Aplikasi photo-sharing di Instagram menghadirkan tombol baru
“Tap To View” pada 1 November 2016 kemarin. Tombol baru ini memberikan kesempatan
kepada konsumen untuk mempelajari lebih lanjut tentang item dalam gambar
seperti harga, spesifikasi, dll, serta pilihan untuk pergi langsung ke website
resminya dan membeli barang disana. Hal ini tentu memudahkan para pebisnis
untuk mempromosikan produknya dengan lebih baik.
Diambil dari : https://blog.jejualan.com/menggunakan-instagram-untuk-menjual-produk-menjadi-lebih-mudah/ Instagram juga berharap agar para pebisnis tidak hanya melakukan tindakan menjual produk semata, namun bisa juga memberikan informasi yang berguna untuk orang lain seputar produk yang dijualnya. Kebanyakan, pengalaman berbelanja melalui mobile hanya berdasarkan foto dari produk tanpa memberikan konsumen kesempatan untuk mempertimbangkan dan mempelajari produk serta mendapatkan informasi lebih lanjut.
Diambil dari : https://blog.jejualan.com/menggunakan-instagram-untuk-menjual-produk-menjadi-lebih-mudah/ Instagram juga berharap agar para pebisnis tidak hanya melakukan tindakan menjual produk semata, namun bisa juga memberikan informasi yang berguna untuk orang lain seputar produk yang dijualnya. Kebanyakan, pengalaman berbelanja melalui mobile hanya berdasarkan foto dari produk tanpa memberikan konsumen kesempatan untuk mempertimbangkan dan mempelajari produk serta mendapatkan informasi lebih lanjut.
Instagram memilih
untuk menambahkan tombol “Tap To View” agar konsumen mampu mempelajari produk
sebelum membeli dan tidak hanya menonjolkan tombol “Buy Now”, karena riset
internal menunjukkan bahwa hanya 21% dari pembelian yang dibuat dalam satu hari
dan artinya tombol “Buy Now” tidak begitu berarti.
Pilihan “Tap To View”
yang baru ini akan muncul di bagian kiri bawah dari foto di Instagram. Fitur
ini sedang diuji dengan 20 merek ritel yang berbasis di AS, termasuk Kate
Spade, JackThreads, dan Warby Parker. Ketika pengguna menekan ikon tersebut,
tag akan muncul hingga lima item dalam postingan lengkap beserta harganya. Saat
pengguna mencari atau memilih tag yang lebih spesifik, maka Instagram akan
memberikan informasi secara lengkap dan pengguna tidak perlu susah payah untuk
browsing mencari informasi terkait. Selain itu, jika pengguna menyentuh ikon
“Shop Now”, maka Instagram akan membawa penggunanya ke website resmi si penjual
untuk melakukan transaksi.
Dave Gilboa,
co-Founder dan co-CEO dari Warby Parker menjelaskan kepentingan perusahaannya
dengan fitur baru tersebut. ‘Sekarang ada cara yang lebih sederhana dan bersih
bagi kita untuk berbagi rincian tentang produk unggulan dalam postingan kita.
Pelanggan sering meminta kami memberikan pengalaman berbelanja yang besar dari
kedua sisi’. Fitur ini diharapkan mampu mewujudkan hal tersebut sehingga
memberi kemudahan tidak hanya bagi penjual namun juga bagi pembeli.
Warby Parker, mitra
ritel Instagram ini juga menguraikan tentang pengalaman pelanggan yang
meningkat dan memungkinkan konsumen untuk berbelanja di perusahaannya. Sebelum
munculnya tombol “Tap To View”, Instagram telah meluncurkan beberapa update
yang terkait dengan bisnis. Pada Juni 2016, Instagram meluncurkan tombol
Call-To-Action dengan teks yang muncul di sisi kiri untuk meningkatkan tindakan
dari pembeli. Kemudian pada Oktober 2016, mereka menambahkan fitur baru dalam
tombol Call-To-Action yaitu:
·
Tombol akan disorot
jika pengguna bertahan pada iklan selama 4 detik atau melihat profile name
·
Tombol Call-To-Action
juga dihadirkan dalam kolom komentar
·
Dalam iklan video,
pengguna yang mengaktifkannya akan dibawa ke URL tujuan saat video terus
berjalan di bagian atas layar.