Apakah Anda siap untuk melipatgandakan traffic website Anda?
Karena, berjualan online tidak akan selalu
membawa keuntungan jika Anda sebagai pelaku bisnis tak mengetahui strateginya.
Ya, ini mengenai traffic website. Jelas, untuk mendapatkan
peningkatan traffic dan konversi yang signifikan, Anda perlu
memahami dan memenuhi kebutuhan target market Anda terlebih dahulu.
Dengan begitu, ribuan bahkan jutaan orang akan
mencari website Anda.
Berdasarkan data yang diperoleh melalui B2B
Marketing, setiap bulannya banyak orang menggunakan Google untuk melakukan
lebih dari 10,3 miliar pencarian. Bukan hanya itu saja, dari perolehan
tersebut, sebanyak 78% di antaranya banyak yang membuka sebuah website untuk
melakukan research produk dan jasa.
Jika website Anda memperoleh peringkat
tertinggi dari kotak pencarian Google, lalu apa artinya?
Tentu saja, hal tersebut akan mampu
meningkatkan profit bisnis Anda. Karena, website Anda telah mendapatkan lebih
banyak klik. Menurut Hubspot, 80% dari traffic sebuah website
dimulai dengan sebuah pencarian melalui search engine. Itulah
sebabnya, optimasi SEO sangat penting.
Berikut adalah 10 Teknik SEO canggih yang
dapat Anda terapkan secara langsung untuk meningkatkan jumlah pengunjung, traffic,
dan tingkat konversi dari website Anda.
1. Audit Kerangka Website Anda
Audit kerangka website ini akan berfokus pada
mendapatkan traffic dan konversi yang tinggi.
Secara umum, audit adalah pemeriksaan
sistematis yang meliputi konsep, hasil, ataupun melalui segi financial
yang digunakan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan yang cerdas. Dalam
dunia SEO, audit merupakan teknik untuk melacak pertumbuhan bisnis Anda yang
mampu menarik dan mempertahankan customer.
Jadi, Anda harus mampu meneliti kinerja website
Anda secara keseluruhan. Kemudian, menetapkan dan menerapkan tujuan yang baru
berdasarkan analisis Anda. Ini akan mampu membantu meningkatkan keuntungan Anda
tanpa harus bersusah payah.
Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang
dapat Anda gunakan untuk melakukan audit website dan menemukan kesempatan
untuk meningkatkan traffic website Anda:
#Langkah 1: Kunjungi QuickSprouts. Ketikkan URL website Anda
pada kotak pencarian. Kemudian, klik “Login with Google”.
#Langkah 2: Menganalisis kinerja website Anda
Berdasarkan analisis melalui gambar di atas,
Anda bisa melihat bahwa Postivityblog.com memiliki load yang cukup cepat
dengan size page sebesar 575.9 KB dan 33 requests.
Bahkan, melalui fitur ini Anda dapat
mengetahui SEO score Anda.
Pada gambar di atas, juga disebutkan terdapat
3 warnings. Ini merupakan elemen halaman yang dapat
dihilangkan atau diperbaiki. Ketika Anda melakukan scroll ke
halaman hasil, maka Anda akan menemukan warnings seperti
gambar di bawah ini:
Pada gambar warnings di atas,
disebutkan bahwa judul terbaik mengandung 15-65 karakter. Sedangkan yang
diperingkatkan pada kotak “What to do fix” judul yang dipubikasikan
mempunyai jumlah karakter yang melebihi batas rekomendasi.
Judul merupakan elemen penting dari SEO.
Untuk itu, Anda harus membuatnya sebuah judul
dengan tepat. Hal ini dikarenakan, judul merupakan dasar dari standar-compliant
HTML. Itulah sebabnya mengapa Google mengarahkan HTML dengan judul tersebut ke
website Anda. Jika pembuatan dan penggunaan
judul sudah tepat, maka hal tersebut akan berdampak pada
peningkatan traffic website Anda.
Terpenting, judul dapat menciptakan sebuah
solusi dari pengalaman yang dirasakan oleh calon customer Anda.
Note: Ketika Anda melakukan audit kerangka website Anda, maka
kemungkinan besar Anda akan menemukan kesalahan lain beserta saran tentang
cara untuk memperbaikinya, QuickSport adalah tools yang tepat unntuk Anda.
2. Data Research Via End User Value
Seperti yang kita ketahui, Google bukanlah
perusahaan periklanan. Melainkan, Google adalah sebuah data dari perusahaan
besar. Setiap tools, platform, dan perangkat dari Google telah dirancang untuk
memiliki satu tujuan.
Yakni, untuk mendapatkan data dari pengguna
dan menggunakannya untuk membangun sistem yang lebih baik lagi.
Ingat tujuan Anda dan tetaplah fokus pada target market Anda. Tujuan
Anda sekarang ini hanyalah demi melipatgandakan traffic website
Anda di antara website kompetitor lainnya.
Dengan kata lain, calon customer Anda
yang tertarik dengan produk atau jasa telah memberikan umpan balik.
Selanjutnya, kini giliran Anda yang menentukan apa jenis konten yang cocok
untuk mereka.
Intinya adalah, Anda harus mengetahui terlebih
dahulu data yang relevan dengan minat dari calon customer Anda.
Terdapat beberapa platform media sosial yang
dapat Anda gunakan. Anda hanya harus mengetahui di mana target market Anda
berkumpul, dan topik apa yang selalu mereka bicarakan.
Cara lainnya yang umum untuk mendapatkan data
pengguna adalah, melalui penelitian kata kunci.
Untuk membuat sebuah konten, sebelumnya sangat
penting sekali untuk melakukan survei keyword. Mungkin Anda
telah mengenal sebuah tools yang dapat membantu Anda dalam melakukan survei keyword, ya
itu adalah Google Adwords.
Namun, kali ini DigitalMarketer akan
menggunakan tools lainnya yang belum banyak diketahui. Gunakan Ubersuggest untuk
menghasilkan kata kunci yang cukup panjang berdasarkan yang banyak dicari oleh
orang melalui Google.
Langkah #1: Kunjungi Ubersuggest.org. Selanjutnya, masukan keyword dan
negara tujuan survei Anda pada kotak menu yang telah disediakan. Selanjutnya,
klik ‘suggest’.
Langkah #2: Pilih keyword yang Anda inginkan. Rekomendasi keyword yang
muncul didasarkan pada pencarian Google yang banyak dicari. Anda mungkin tidak
menemukan frase keyword ini ketika Anda menggunakan Google Adwords
Keyword Planner.
3. Buat Sekaligus Optimalkan Landing Page
Sebuah landing page yang dirancang dengan baik
akan mampu meningkatkan lead dan
konversi penjualan Anda. Jika Anda membuat landing page untuk
kebutuhan bisnis Anda, itu artinya kesempatan untuk mendapatkan traffic yang
besar juga akan terbuka lebar.
Sayangnya, tidak banyak pelaku bisnis yang
sepenuhnya memahami akan pentingnya landing page.
Berdasarkan data menurut MarketingSherpa, 44%
klik akan mengarah ke home page, bukannya landing page. Tentu, home page adalah
sesuatu hal yang penting. Namun, landing page juga tak kalah penting. Karena,
melalui landing page Anda akan memulai sebuah hubungan yang lebih
dekat dengan calon customer.
Untuk itu, sangat penting sekali membuat
landing page dengan desain yang berkualitas dan topik populer.
Jika Anda telah mempunyai landing page, maka
coba perhatikan apakah landing page Anda telah mempunyai SEO yang cukup baik?
Mari kita cari tahu…
Kunjungi Ahrefs.com dan ketikkan URL dari landing
Page Anda seperti pada gambar di bawah. Selanjutnya, klik ‘search links.’
Seperti yang Anda lihat melalui gambar di
atas. Landing page ini memiliki 7699 inbound link terpercaya. Bahkan, telah
mendapatkan lebih dari 1000 tweets dan 466 like untuk Facebook. Bahkan, Anda masih
dapat menggali lebih jauh lagi untuk melihat efektivitas landing page Anda
melalui Ahrefs.com
Terlepas bagaimana hasil track yang
telah Anda lihat melalu Ahrefs.com, dalam penelitian terbaru mengatakan bahwa
48% dari pelaku bisnis telah membangun landing page untuk setiap kampanye
pemasaran mereka.
Tujuannya, yakni untuk meningkatkan traffic website
dan mendapatkan konversi tinggi.
Namun, unttuk mendapatkannya tidak segampang
membalikkan telapak tangan. Anda harus memperhatikan desain dan copywriting dari
landing page Anda.
Ingat, landing page yang sukses dimulai
kerangkanya dari judul, deskripsi, poin-poin, dan seterusnya.
Tujuan lainnya pembuatan landing page adalah,
untuk menjalin interaksi yang lebih dekat dengan audiens Anda.
Dengan membuat landing page, Anda juga dapat
memperoleh email list dari customer, sehingga dengan mudah
Anda dapat memberikan penawaran melalui email marketing dan mendongkrak
konversi penjualan >> Buat dan Isi Landing Page Pertama Anda Hanya di
Labs
4. Memanfaatkan Platform Sosial
Tentu, bagi Anda yang baru saja membuat
website atau sebuah blog, maka cukup sulit untuk memperoleh peringkat yang baik
di mesin pencari Google. Hal ini dikarenakan, authority domain
dan otoritas halaman yang masih sangat rendah.
Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda
masih dapat memanfaatkan platform sosial yang lebih besar.
Ketika DigitalMarketer.id menyinggung platform
sosial yang besar, tentunya situs tersebut akan mengacu ke jutaan pengunjung
dalam setiap harinya. Dan situs tersebut dapat mempengaruhi peringkat karena
mereka begitu menargetkan kata kunci yang digunakan.
Bukan. Kita bukan berbicara tentang Facebook,
Twitter, atau Linkedln.
Karena, ketiga media sosial tersebut tidak
mempengaruhi SEO, sehingga tak berhubungan pula dengan peringkat pada search
engine Google secara langsung. Melainkan, hal itu akan meningkatkan interaksi terhadap calon customer.
Melainkan, kita sedang mengacu pada situs
Docstoc, Slideshare, Blogger, Quora, dan lainnya.
Situs-situs ini mampu memberikan kesempatan
bagi Anda untuk meningkatkan peringkat pencarian, dan membangun jaringan hanya
dalam waktu singkat.
Lalu yang perlu dipertanyakan adalah, apakah
dengan memanfaatkan platform sosial tersebut mampu meningkatkan traffic pencarian
Anda pada peringkat search engine sekelas Google?
Ya, hal tersebut mungkin saja terjadi. Seklama
Anda memperhatikan kata kunci yang Anda gunakan.
Misalnya saja, Anna Hofman mendapatkan 243.000
views dalam waktu 30 hari dengan mempublikasikan kontennya melalui Slideshare.
Bahkan, presentasinya berada di antara 1% paling banyak dilihat pada tahun 2013
lalu.
Jika Anda juga ingin memanfaatkan Slideshare
sebagai booster untuk meningkatkan traffic Anda, maka berikut
ini adalah langkah dasar yang harus Anda ambil:
Langkah #1: Cari Topik Populer
Jika Anda membuat konten presentasi tanpa
memperhatikan topik yang diangkat, maka hal tersebut tidak menjadi booming.
Untuk itu, cari dan gunakan topik diskusi yang
sedang tren di banyak blog. Sama halnya seperti Anda mencari ide ketika hendak
melakukan posting blog, maka Anda harus mengidentifikasi apa yang sedang orang
bicarakan.
Mengatasi hal tersebut, coba kunjungi
Growthhackers.com, yang merupakan komuitas online yang tepat unuk Anda gunakan
dalam mencari sebuah topik yang populer.
Pilih satu topik yang menarik minat Anda yang
masih berhubungan dengan bisnis Anda.
Langkah #2: Buatlah Secara Garis Besar
Ketika Anda membuat sebuah konten presentasi
dari sebuah artikel atau lainnya, maka ambil poin kunci dan buatlah secara
garis besar. Anda harus pintar bagaimana mengemas sebuah konten yang panjang
menjadi ringkas dan menarik.
Dengan begitu, pembaca yang sedang menyimak
presentasi Anda melalui Slideshare tidak akan bosan karena bayaknya penjelasan
yang harus dibaca.
Usahakan untuk membahas satu buah poin secara
garis besar dalam satu slide.
Langkah #3: Cari Gambar Pendukung
Untuk membuat presentasi Anda dibaca banyak
orang melalui Slideshare, maka Anda harus menambahkan presentasi Anda dengan
sebuah gambar yang tepat.
Hal ini dimaksudkan untuk memikat dan
mempertahankan perhatian pembaca.
Untuk menemukan gambar dengan kualitas yang
baik, Anda dapat mencarinya melalui FreeStockPhoto.com
Langkah #4: Belajar Langsung dari Ahlinya
Tidak ada cara terbaik untuk meningkatkan traffic dan peringkat pada Google selain dengan belajar pada ahlinya.
Untuk itu, pelajari presentasi yang ditampilkan pada home page Slideshare.
Tidak ada cara terbaik untuk meningkatkan traffic dan peringkat pada Google selain dengan belajar pada ahlinya.
Untuk itu, pelajari presentasi yang ditampilkan pada home page Slideshare.
Pertimbangkan, bagaimana mereka mengemas
presentasi yang telah dibuat dan menggunakan gambar yang tepat untuk
menjelaskan materi melalui visual. Bahkan, Anda juga dapat menggabungkan
statistik dan data yang mampu mendukung fakta yang sebelumnya telah dijelaskan.
Belajar dari presentasi dengan pengunjung
terbanyak dari Slideshare adalah cara terbaik.
Bagaimana, menarik bukan? Anda dapat
menerapkan teknik SEO ini untuk mendongkrak dan melipatgandakan traffic
website Anda. Lebih jauh, jika terdapat pertanyaan terkait dengan ulasan
ini, Anda dapat mengisinya pada kolom komentar di bawah.
(Note: Dengan
mengoptimalkan SEO, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan peringkat teratas
di mesin pencarian Google. Sehingga, akan mampu mendongkrak profit bisnis Anda
>> Tingkatkan Profit Bisnis Anda
dengan Strategi Digital Marketing dari Ahlinya)